store

Selasa, 31 Maret 2009

KARMA

Sebuah kata kata yang kadang terkesan mengerikan karena interpretasi yang berbeda beda dari tiap individu yang menerimanya. Menurutku sich itu hanyalah sekedar kata kata biasa dan kita sudah sering bergelut dengan karma mulai sejak kita dilahirkan. Karena menurut pengertianku karma adalah sesuatu yang alami, hukum yang dijalankan oleh alam ini. Dan istilalah umumnya adalah sebab dan akibat. Apapun yang kita perbuat pasti akan menghasilkan akibat jadi tidak ada yang istimewa dengan karma. Trus cakupan karma itu sampai seberapa ? apakah hanya berlaku untuk satu orang atau bisa sampai banyak orang ?. bagaimana kalau kita modifikasi sedikit bencana situ gintung sebagai contoh ?...

Begini .. ada seseorang berbuat dalam kasus ini adalah si Oni melubangi tanggul danau berarti adalah Oni telah berbuat dan harus menerima karmanya. Dalam hal ini sebab yang pertama menjadi sebab timbulnya sebab karma bagi orang lain karena setelah tanggul berlubang, lubang itu menyebabkan tanggul tidak kuat kemudian jebol dan membuat orang lain kebanjiran, kehilangan harta benda,mati dll. Sebuah efek yang mengerikan dari tindakan yang sepele ( butterfly effect ). Jadi karma dari satu orang bisa menyebabkan karma karma yang lain yang jauh lebih banyak dan lebih serius." Makanya kalau berbuat di pikir dulu, kelihatannya sepele ternyata efeknya BOOM".

Trus seperti biasanya karena manusia memang jarang peduli pasti bertanya kalau sudah terjadi gimana ?.. ya terima saja akibatnya dari perbuatanmu tapi demi harapan untuk manusia adalah menyesalah dan memohon ampun kepada Tuhan.. siapa tahu akibatnya tidak sampai ke pelakunya.

Tapi ada nasihat yang bijak " putuskanlah rantai karma itu maka kamu akan terbebas dari lingkaran karma". Maksudnya ?

Menurut saya , jika ada seseorang yang melalukan tindakan kepada anda jangan kemudian membalas tindakan tersebut kepada orang itu ataupun orang lain karena akibat tindakan tersebut kepadadiri anda.

Contoh : anda dipukul oleh seseorang jika anda balas memukul atau kemudian memukul orang lain maka rantai karma akan terus berputar ( oran tersebut balas memukul kemudian anda pukul lagi dst atau anda memukul orang lain kemudian orang itu memukul orang lain lagi dst ).jika anda berhenti saat pertama kali dipukul maka rantai itu terputus tidak ada titik karma berkelanjutan lagi.

Tapi keliatannya susah ya ? kalo hal positif paling gampang.. anda diberi oleh orang lain kemudian berhenti member ( gampang ya ? ) tapi bagaimana kalau disakiti ?... memaafkan adalah memaafkan bukan MELUPAKAN .

Tidak ada komentar: